Manfaat & Tujuan

KONSEP PARENTING CLASS


ILUSTRASI: Orangtua mesti membiasakan perbuatan-perbuatan tertentu yang menjuruskan anak ke arah penguasaan benih-benih ilmu pengetahuan.

—————

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah pesimisme masyarakat pada kondisi pendidikan saat ini yang memang memprihatinkan, masyarakat sendiri mesti berbuat. Di dalam keluarga, orangtua mesti membiasakan perbuatan-perbuatan tertentu yang menjuruskan anak ke arah penguasaan benih-benih ilmu pengetahuan.

Demikian diungkapkan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di era Orde Baru, Daoed Josoef, dalam sarasehan pendidikan bertajuk ”Konsep Pendidikan Indonesia Berdasarkan Budaya Serta Penerapannya di Lingkungan Rumah, Sekolah, dan Masyarakat” yang berlangsung di Jakarta, Minggu (31/10/2010).

Daoed mengatakan, pendidikan berbasis kebudayaan itu dibangun dari sistem nilai tertentu. Pendidikan kita semestinya mampu membangun budaya nilai-nilai ilmiah, mendorong setiap orang agar mampu membuat pilihan dalam hidup, serta memiliki komunikasi yang baik.

Melly Kiong, penulis buku pengasuhan anak yang juga bergabung di Lingkar Makna API, mengatakan, semua komponen bangsa ini mesti bergerak cepat untuk memperbaiki masa depan anak-anak bangsa.

”Keluarga harus memperkuat pengasuhan anak yang benar. Semestinya pemerintah membantu supaya kegiatan semacam parenting class itu bisa digerakkan semakin luas untuk semua lapisan masyarakat,” kata Melly

 

 

Tujuan

Membantu proses pembelajaran sains, menjadi menyenangkan dan dari bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar.

“The Science curriculum has been designed not only to provide opportunities for students to      acquire science knowledge and skiils, develop thinking skiils and thinking strategies, and to apply this knowledge and skiil in everyday life.”


PENDAHULUAN

Apakah implikasi pandangan terhadap pengajaran sains di kelas?

Cara terbaik dalam mengajarkan suatu pengajaran adalah dengan cara-cara yang mencerminkan hakikat mata pelajaran itu. Dalam persoalan kita, menecerminkan hakikat sains adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan sains di dalam  kelas. Dengan melibatkan siswa dalam pengamatan,            pengukuran, perhitungan, perumusan hipotesis, pengumpulan data, dll. Dengan kata lain, melibatkan mereka semua proses sains.

Segala pusat perhatian (fokus) atau konsep sains yang ada disekitar kita merupakan proses-proses sains yang dapat dipraktekkan oleh para siswa.

Eksperimen ini menyediakan fokus-fokus yang dibutuhkan guru –kejadian yang mengherankan- yang menimbulkan minat serta menantang.

Tantangan yang dihadapi sekolah adalah bagaimana sekolah dapat mengembangkan dirinya untuk memenuhi harapan orang tua dalam mempersiapkan siswa untuk meraih keberhasilan di masa depan. Kurikulum sekarang menitik beratkan kepada praktek sesuai kreatif dan aktif, untuk itulah kami hadir menjadi mitra sekolah.

Rumah Sains Iqra Annisa sebagai penyelenggara pendidikan sesuai dengan kurikulum menawarkan suatu bentuk pendidikan yang berbeda.

Belajar melalui kegiatan eksperimen IPA yang menarik dan menyenangkan membuat anak berbeda dari proses pembelajarab lainnya.

Penekanan belajar yang didasarkan pada pengembangan daya pikir dan daya nalar (analitis) akan mengembangkan kemampuan anak dalam berpikir kritis. Hal ini memberikan nilai lebih pada siswa- siswa yang mengikuti Rumah Sains Iqra Annisa .Kemandirian, kerjasama dan kemampuan berkomunikasi dikembangkan melakukan eksperimen sendiri maupun dalam kelompok.

Dengan konsep belajar yang demikian diharapkan kami dapat    mendukung peran di sekolah sebagai mitra kerja mencerdaskan kehidupan bangsa. Kami mengikuti perkembangan Sains dan Teknologi – sehingga kami memahami betul kesulitan sekolah dalam menjalankan program sains. Mintalah bantuan Kami. Kami senang membantu kebutuhan program Sains anda.

Kecerdasan seseorang bukan diukur hanya dari seberapa hebat dia menguasai ilmu, melainkan lebih pada bagaimana seseorang tersebut   dapat memanfaatkan ilmunya bagi kehidupannya.

MANFAAT BAGI SEKOLAH

  • Memberikan nilai tambah bagi siswa dan sekolah
  • Sesuai kurikulum dan mendukung KTSP.
  • Memberi wadah untuk mengembangkan minat siswa di bidang sains  sehingga sains dapat dikenal dan diminati sejak dini.
  • Memberi wadah untuk melengkapi teori yang diajarkan dengan   mempraktekkan secara langsung.
  • Memberi suasana baru yang menarik lewat konsep belajar, bereksperimen, berdiskusi, dan menarik kesimpulan secara langsung.

MANFAAT BAGI SISWA :

· Mengembangkan potensi anak-anak

· Meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai ilmu pengetahuan alam.

· Meningkatkan rasa ingin tahu dan daya analisa.

· Meningkatkan kemampuan berpikir kritis

· Mengembangkan keperibadian dan rasa percaya diri.

· Meningkatkan keterampilan berkomunikasi.

· Meningkatkan kreativitas

PILIHAN SAINS SERU BERSAMA RUMAH SAINS IQRA ANNISA

  • Sains Kreatif

Dengan bantuan para instruktur, para peserta akan melakukan sendiri berbagai aktifitas sains dalam sentuhan kreatif yang menarik dimana hasil karyanya tersebut dapat dimainkan serta dibawa pulang sebagai hadiah.

  • Magic Science Show

Pertunjukan sains yang akam mendemonstrasikan berbagai keajaiban sains yang disajikan dalam sebuah seni pertunjukan yang interaktif, menghidur dan mendidik.

  • Fun Team Building Games (low impact outbond)

Berbagai permainan yang berkaitan dengan kerjasama team yang dibawakan dalam suasana yang menyenangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s