Profil Kami

Rif ! Preschool & Daycare Iqra Annisa dalam pendidikannya

Menitikberatkan pada menumbuhkan Minat baca, kecerdasan social dan fondasi hidup Islami serta yang juga sangat penting adalah memberikan Parent Education bagi orangtua. Rif! Paly Group membantu orangtua dalam optimalisasi perkembangan otak anak di usia emasnya. Rif! Play Group menerapkan Sistem Sentra dengan prinsip Learning is Fun.

MENUMBUHKAN MINAT BACA


Sebagai bukti atas  rasa tanggungjawab kesadaran berfikir, yang merupakan amanat bagi para orangtua dan pendidik. Maka, adalah kewajiban atas setiap orang yang mementingkan perkembangan berfikir anak, perkembangan intelektual dan kulturalnya, untuk memperkenalkan kepada mereka sejak dini untuk MEMBACA.

Rif! Playgroup mulai membiasakan anak pada buku dan bercerita dengan buku. Berbagai metoda Reading is Fun telah kami gunakan seperti mendongeng dengan berbagi isi buku yang menarik dari dalam dan luar negeri, penggunaan panggung boneka dengan boneka tangan dan boneka jari. Kegiatan yang beraneka ragam telah menunjukkan hasil dimana putra puteri Rif! Playgroup terlihat sangat antusias dengan buku dan mulai senang memainkan boneka tangan dengan cara komunikasi aktif bersama sesame teman.

KECERDASAN SOSIAL

Anak adalah makhluk sosial. Di Taman Bermain anak belajar berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman sebaya, giri, perawat diluar lingkungan keluarga. Secara mendasar, setiap anak mempunyai sifat egosentris,  lingkungan harus memuaskan keinginannya. Dengan bersama dalam ‘dramatic play, memainkan musik, menari, beryanyi, berenang dan outing, anak akan semakin terasah rasa kepeduliannya terhadap orang lain dan mau berbagi. Hal ini juga dapat melatih kemandirian anak.

Alhamdulillah selama hamper 1 tahun ajaran ini Rif Playgroup telah mengadakan 3 kali outing yang sangat member kesegaran pada putra puteri Rif! Playgroup dengan metoda pembelajaran yang “hands on” dan interaktif. Selain itu, beberapa penampilan di RTv telah memberikan pengalaman putera putrid Rif! Playgroup berinteraksi dengan lingkungan baru yang belum pernah dialami mereka.

SENTRA BELAJAR (LEARNING CENTRE)

Kenapa disebut sentra belajar ?

Sentra belajar memberikan kesempatan anak untuk memepelajari konsep dan keterampilan yang “hands on”. Karena anak-anak belajar paling baik melalui eksplorasi aktif dan pengalaman konkrit. Sentra belajar seharusnya mengambil porsi yang paling besar di taman kanak-kanak.

Di sentra belajar anak-anak tidak hanya sekedar bermain bebas. Kegiatan di dalam sentra di rencanakan dan diatur sedemikian rupa sehingga dapat didukung tema, keterampilan dan konsep.

Sentra-sentra yang polpuler misalnya : sentra seni, sentra bahasa, sentra matematika, sentra motorik halus, sentra balok, sentra imajinasi/drama.

Sentra-sentra yang ada dalam Rif! Playgroup adalah sentra musik, sentra ibadah, sentra Calistatung (baca, tulis, hitung), sentra Perpustakaan, sentra Eksplorasi dan Sentra Drama.

Sentra yang dieprsiapkan dengan baik termasuk alat peraganya yang akan mendukung belajar anak-anak dan memberikan banyak kesempatan untuk meningkatkan semua bidang perkembangan. Sentra memungkinkan bagi anak untuk berinteraksi dengan materi atau alat peraga yang telah disediakan dan juga dengan teman-teman. Keberagaman materi di setiap sentra memeberikan kesempatan bagi anak untuk bekerja sesuai dengan tahap perkembangannya, dengan gaya belajarnya dan keunikan anaka sehingga semua anak dapat sukses di semua sentra.

PARENT EDUCATION

Banyak orangtua menerapkan pola mengasuh abak berdasarkan pengalamannya saat dibesarkan oleh orangtua masing-masing. Padahal seiring perkembangan zaman, pola pengasuhan anak versi orangtua dahulu seringkali tak cocok lagi merapkan pada masa sekarang.

Idealnya orantua membekali diri dan terus belajar (long life learning) dalam mendidik anak-anaknya. Sebagimana yang kita ketahui bahwa setiap anak adalah unik dalam kepribadian, bakat, kecendrungan dan hobi. Sebagai orangtua kita dapat mengoptimalkan potensi diri anak tanpa memberikan doktrin, mendeteksi bakat mereka sejak awal dan memberikan bimbingan denga kasih sayang.

Rif! Playgroup Parent Education Program telah membuka wawasan banyak orangtua murid Rif! Playgroup tentang banyak hal terutama tentang tumbuh kembang anak, pola pendidikan di rumah oleh ayah dan Ibu dengan berlandaskan Rahmat dan kasih sayang sesuai AL Qur’an dan Hadist.

Kegiatan Parent Education telah dilaksanaka dengan berbagai tema yang berbeda. Kegiatan tersebut bergantian diisi oleh para ahli baik dari psikolog, dokter anak, maupun ahli pendidikan. Beberapa pelatihan singkat, dialog dan berbagi pengalaman bersama guru dan pakar telah diupayakan untuk mencapai kesamaan pola pendidikan di rumah dan di sekolah.

Selama I tahun telah banyak nilai positif yang telah berhasil sama-sma dikembangkan   pada putra-putri Rif! Playgroup didukung oleh peran orangtua dan guru yang rutin berkomunikasi dan terlibat aktif dalam kegiatan Parent Education. Kegiatan ini alhamdulillah dengan izin Allah juga, telah membuka mata kita bahwa pendidikan buah hati kita sangat memerlukan kerjasama pihak sekolah dan orang tua.

Kegiatan Parent Education telah dilaksanakan dengan berbagai tema yang berbeda yang diisi oleh para ahli baik dari psikolog Dokter anak maupun ahli pendiidkan. Parent education banyak memiliki nilai positif yang telah berhasil sama-sama dikembangkan pada putra-putri Rif! Play Group didukung oleh para orang tua dan guru yang rutin berkomunikasi dan terlibat aktif dalam kegiatan ini. Kegiatan ini alhamdulilah dengan izin Allah juga telah membuka mata kita bahwa pendidikan buah hati kita sangat memerlukan kerja sama pihak sekolah dan orang tua.

PONDASI HIDUP ISLAMI

Di dalam Islam, agama yang kita anuti, alhamdulilah terdapat dasar-dasar fondasi pendiidkan yang paling utama, pilar-pilar yang kokoh dalam membentuk akhlak.

Anak-anak perlu dikenalkan pembiasaan sejak dini  sesuai yang dicontohkan Rasulullah SAW, misalnya minum haruslah sedang duduk, mengucapkan basmalah sebelum minum dan memegang gelas dengan tangan kanan. Juga adab sehari-hari pada orangtua, mau belajar, termasuk, doa-doa sehari-hari menjelang tidur, makan, bepergian, termasuk pembiasaan shalat berjamaah dsb. Kita mengahrapkan anak-anak memahami Islam secara mendasar dan terlihat dalam wujud tingkah laku. Dengan demikian kita mampu mencairkan pemikiran yang masih bersifat teoritis itu menjadi figur-figur manusia konkret yang dapat disentuh oleh tangan dan dilihat oleh mata.

Dalam menanamkan pondasi hidup islami anak-anak Rif! Playgroup dikenalkan pembiasaan sesuai yang dicontohkan Rasulullah misalnya, adap sehari-hari terhadap orang tua, teman , adap makan dan minum serta diajarkan ebrabgai doa sehari-hari dan emmbaisakan mengucapkan kalimat-kalimat Thoyyibah (basmalah, hamdalah, istighfar dan takbir). ANak-anak juga dikenalkan denagn sosok para nabi dan sahabat melalui cerita dan tontonan VCD. Selain itu anak-anak mulai dikenalkan dengan kegiatan praktek iabdah, setiap hari jumat anak-anak melakukan solat berjamaah dan emmbaca hadist, doa dan surah-surah pendek. Salah satu program yang juga sangat penting adalah membaca Iqra’ setiap hari dengan metode yang menyenangkan.

Untuk memotivasi anak dalam membiasakan pola hidup islami, anak-anak yang memiliki akhlak baik dalam mengikuti kegiatan ibadah akan diberikan reward.

OPTIMALISASI PERKEMBANGAN OTAK ANAK

Usia 0-5 tahun adalah masa keemasan dalam pertumbahan dan perkembangan otak anak. Untuk mencapai perkembangan otak anak. Untuk mencapai perkembangan yang optimal, anak memerlukan stumulasi yang intens, terarah dan sesuai dengan tumbuh kembang usia anak.

Rif! Playgroup telah berupaya untuk memberikan stimulasi optimal dengan prinsip Learning with fun, menghargai semua kecerdasan yang tersimpan dalam tiap diri anak dan komunikasi yang baim adalah upaya agar semua stimulasi yang diberikan untuk mengembangkan multiple intelligence pada anak dapat tercapai dengan baik.

 

FIELD TRIP (OUTING)

Ketika mengajarkan sesuatu kepada anak-anak usia 2-4 tahun, kita harus menyediakan media penunjang yang bersifat konkrit. Anak akan lebih tertarik dengan sesuatu yang nyata yang dilihatnya, Kegiatan field trip (outing) menerapkan salah satu kegiatan eksplorasi yang dilakukan diluar sekolah. Field trip (outing) ini anak-anak akan bisa mengamati hal-hal atau benda-benda yang diajarkan secara langsung.

Tempat-tempat yang dikunjungi dalam kegiatan outing ini akan disesuaikan dengan temna-tema yang diajarkan, misalnya tema buah-buahan anak-anak dibawa ke pasar buah, untuk tema sayuran anak-anak di bawa ke kebun sayuran sehingga mereka dapat secara langsung melihat bermacam-macam sayuran dan dimana sayuran tersebut tumbuh, demikian juga dengan tema pakaian mereka dibawa ke Toko baju, tidak aklah serunya ketika tema alat-alat transportasi anak-anak dibawa untuk melihat mobil pemadam kebakaran. Anak-anak alngsung memepraktekkan bagaimana cara menggunankan alat pemadam kebakaran. Alhamdulillah kegiatan ini sangat mengasyikkan bagi anak-naka karena mereka dapat m,engamati langsung objek yang dipelajarinya dan orang tua juga sangat emndukung kegiatan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s